Model Baju Seragam Pakaian Busana Pramugari Masa Ke Masa

Tugas belum benar-benar berubah, tapi model seragam pasti ada perubahan. Gaya yang mahal dan glamor dari zaman keemasan terbang hendak melakukan kemunculannya kembali. dari seluruh dunia mendesain ulang baju pramugari mereka dari utilitarian untuk fashion ke depan.

Dengan Maskapai penerbangan terus menaikkan harga tiket sementara terus berusaha melakukan pemotongan , mungkin kadang-kadang tampak seperti terbang dengan gaya adalah hal yang pasti dari masa lalu. Sejak tahun 1930, agar efisien, perawat bermantel menjadi pramugari (flight attendant) pertama, sudah menjadi tradisi bagi pramugari terlihat menarik sambil memastikan pelanggan maskapai penerbangan merasa aman dan nyaman.

Namun, beberapa maskapai penerbangan telah memilih untuk bekerja ekstra keras dengan meyediakan seragam pramugari yang modis, ramping, mutakhir dan dalam banyak kasus, cukup mengesankan.

Jelas pakaian pramugari apapun harus memperhatikan dan mempertimbangkan fungsi: pramugari harus mampu bergerak, kadang-kadang mengangkat barang berat atau membungkuk dan meraih untuk mengambil benda-benda dari tempat tinggi. Seragam pramugari juga harus sesuai berbagai tipe tubuh (tidak setiap pramugari tampak seperti model catwalk). Mungkin yang paling penting, busana pramugari harus nyaman dan terlihat profesional.

Lebih dari hanya untuk alasan estetika, pilihan pakaian pramugari modis dan berkesan dimiliki beberapa maskapai penerbangan, seperti model baju batik pramugari Singapore Airlines, menjadi simbol dari airline itu sendiri.

Mengambil persetujuan dari itu, banyak perusahaan penerbangan telah mengambil kesempatan untuk bekerjasama dengan desainer terkenal di dunia yang akan membantu memastikan (cabin crew) mereka memiliki penampilan yang menonjol. Tentu saja, kadang-kadang airlines mungkin mencoba hanya sedikit terlalu keras untuk menjadi trendi.

Dari detil cantik ke siluet ramping, berikut dapat kita lihat sejarah beberapa maskapai yang telah memastikan seragam awak kabin mereka terlihat cantik, modis dan menarik yang pernah terlihat di langit.

Pada tahun 1930, Ellen Church menjadi pramugari pesawat pertama setelah meyakinkan Boeing Air Transport (sekarang United Airlines) bahwa kehadiran perawat di atas pesawat terbang akan berperan besar dalam membantu penumpang awal mengatasi rasa ketakutan mereka ketika terbang.

Tujuh perawat terdaftar lainnya segera bergabung dengan tim Church, berkumpul untuk berpose untuk foto ini mengenakan busana pramugari terbuat dari wol hijau tua, yang senada dengan jubah wol hijau dan abu-abu.

gambar-baju-seragam-pramugari

Gambar delapan pramugari pertama dengan Boeing Model 80A

“Kembali pada 1940-an, 1950-an dan awal 1960-an semua model baju pramugari tampak sama,” kata Cliff Muskiet, kurator Unifrom Freak, sebuah museum online seragam pramugari. Satu-satunya warna yang digunakan adalah biru laut, hijau gelap dan coklat untuk seragam musim dingin dan biru muda, hijau muda dan krem untuk seragam musim panas, kata Muskiet.

Ini memberi pramugari “tampilan yang sangat konservatif,” katanya. Selama pertengahan hingga akhir tahun 1960-an, bagaimanapun, penerbangan mulai beralih ke perancang busana dan biro iklan untuk menumbuhkan image seksi dan modern untuk . Pada tahun 1966, awak kabin Braniff International Airways akan sulit untuk melewatkan pakaian pramugari print geometris menyolok mata dipadukan dengan celana ketat oleh desainer Italia Emilio Pucci.

model-baju-batik-pramugari

Sebuah Model Seragam Pramugari Pucci Untuk Braniff 1966

Sebuah kampanye iklan media cetak dan TV komersial yang menggoda untuk Braniff pada tahun 1965 disebut “Air Strip” dan menampilkan baju pramugari Pucci dirancang dengan beberapa lapisan yang bisa dilepas selama penerbangan.

“Braniff secara terang-terangan merubah pramugari (stewardess) menjadi ikon seksual dan maskapai penerbangan lainnya segera menyusul,” katanya.

Pada pertengahan 1960-an Pucci juga menciptakan jelas helm gelembung plastik yang tidak biasa sebagai bagian dari deretan seragam pramugari yang dirancang untuk Braniff yang berbasis di Dallas. Helm tidak dimaksudkan untuk dikenakan ke ruang angkasa, melainkan untuk melindungi tatanan rambut pramugari jika ia harus berjalan di landasan pacu berangin

pakaian-busana-pramugari

Helm gelembung plastik bening ini dirancang untuk Braniff untuk melindungi tatanan rambut pramugari

Menurut Seattle Museum of Flight, pada awal 1970-an seniman Amerika dan desainer Mario Armond Zamparelli diminta oleh pengusaha dan penerbang Howard Hughes untuk membuat baju pramugari baru untuk Hughes Airwest.

Sebuah busana pramugari Airwest yang terus diingat adalah ini gaun rajutan Sundance Kuning, yang memiliki jaket ritsleting yang senada. Saat pergi ke luar ruangan, pramugari bisa menambahkan mantel berkerudung.

seragam-batik-pramugari

Seragam Hughes Airwest 1972-1977

“Hot pants dan pakaian pendek dengan hot pants di bawah adalah tampilan umum di tahun 1960-an dan 70-an, dan Continental, PSA dan Southwest Airlines semua memiliki seragam yang menampilkan gaya itu,” kata Muskiet.

Pada tahun-tahun tersebut, pramugari digunakan untuk menarik penumpang laki-laki dan hot pants adalah bagian dari rencana tersebut.

model-seragam-pramugari

Pada tahun 1960 dan 70-an, hot pants yang umum, seperti yang terlihat dalam busana pramugari Kontinental ini

Dibandingkan dengan model baju pramugari bertema hot pants beberapa maskapai penerbangan mengharuskan pramugari mereka untuk memakainya selama tahun 60-an dan 70-an, seragam pramugari Cathay Pacific ini, diluncurkan pada Juli 2011, tampaknya cukup berbeda. Tapi serikat pekerja yang mewakili pramugari, baru-baru ini mengeluh pakaian pramugari yang terlalu seksi.

model-baju-pramugari

Model seragam pramugari Cathay Pacific yang modern

Terlalu seksi? Itulah keluhan yang dibuat oleh serikat pekerja yang mewakili pramugari Cathay Pacific.

Dalam sebuah pernyataan, Cathay Pacific mengatakan pihaknya telah membuat beberapa modifikasi pada model baju pramugari untuk mengatasi kekhawatiran tentang panjang blus dan ketatnya rok, dan anggota kru penerbangan dipersilakan untuk menukar baju seragam pramugari mereka setiap saat jika mereka merasa ukuran tidak tepat.

Harap kunjungi halaman baru kami : FAQ Tanya Jawab PAS sebelum memberikan komentar karena demi kenyamanan pengunjung situs ini maka kami memutuskan tidak memunculkan pertanyaan yang mirip atau telah terjawab.

Namun kami menyediakan pilihan bagi Anda yang memiliki pertanyaan dan ingin segera mendapatkan balasan maka dapat mengisi formulir pada : Hubungi PAS


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>